Saturday, November 3, 2012

Brunei salah satu negara terkaya di dunia


Negara Brunei Darussalam berada di Asia Tenggara yang terletak di pantai utara pulau Kalimantan. Wilayah seluas 5.765 km² yang menempati pulau Kalimantan dengan garis pantai seluruhnya menyentuh Laut Cina Selatan. Wilayahnya dipisahkan ke dalam dua bagian oleh negara bagian di Malaysia yaitu Sarawak.

Saat ini, Brunei memiliki Indeks Pembangunan Manusia tertinggi kedua di Asia Tenggara setelah Singapura, sehingga diklasifikasikan sebagai negara maju. Menurut Dana Moneter Internasional, Brunei memiliki produk domestik bruto per kapita terbesar kelima di dunia dalam keseimbangan kemampuan berbelanja.

Majalah Forbes menempatkan Brunei sebagai negara terkaya kelima dari 182 negara karena memiliki ladang minyak bumi dan gas alam yang luas. Selain itu, Brunei juga terkenal dengan kemakmurannya dan ketegasan dalam melaksanakan syariat Islam, baik dalam bidang pemerintahan maupun kehidupan bermasyarakat.

8 comments:

  1. wah keren juga yah walau negara nya kecil tapi ekonominya keren. :D

    ReplyDelete
  2. Dear all, pls visit our blog about "Share Everything and Information about Brunei Darussalam."
    Thanks
    http://virtual-bruneidarussalam.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. Negara kaya yang sampai bila?Minyak dan gas pasti habis satu hari nanti.Kot belanjanya dari hasl negara terus bagian pada rakyat tidak cukup untuk masa hadapan.Indonesia sangat bertuah kerna mempunyai hasil negara dan mengurus dengan baik sehingga mempunyai kekayaan pelbagai industri ekonomi untuk menjana kekayaan dan masa hadapan.

    ReplyDelete
  4. ah copas doang nih dari wikipedia

    ReplyDelete